Samba di Slackware : Mengatasi Kecerobohan User Windows

 Sharing file menggunakan Samba telah di bahas disitus ini pada tulisan terdahulu baik itu mengenai file atau printer. Tulisan ini cuma sekedar berbagi pengalaman tentang samba share di slackware dengan kasus sebagai berikut :
Salah satu hal yang sering terjadi di tempat saya adalah seringkali user windows yang mengakses data ke server secara tidak sengaja menghapus file yang di share oleh samba. Tentu sangat merepotkan bagi jika saya harus merecover file yang telah terhapus tersebut.
Untuk mengantisipasinya, saya memanfaatkan fasilitas vfs object (lihat wiki untuk detail), sehingga data yang dihapus oleh client samba (dalam hal ini user windows) tidak langsung terhapus melainkan dipindahkan dahulu ke direktori yang ditentukan. Dengan cara seperti ini, saya bisa memonitoring file-file apa saja yang memang benar-benar ingin dihapus.
Caranya tidak terlalu rumit :
Pastikan samba yang terinstal di linux anda memiliki module recycle, dimana dapat dicek dengan perintah (contoh di server yg sy gunakan) :

root@phoenix:~# locate recycle.so
/usr/lib/vfs/recycle.so
root@phoenix:~# ls -l /usr/lib/vfs/recycle.so
-rwxr-xr-x 1 root root 17820 2008-11-29 05:11 recycle.so
root@phoenix:~#

Setelah itu edit konfigurasi samba :

root@phoenix:~# vi /etc/samba/smb.conf

Berikut adalah potongan konfigurasi samba yang saya gunakan (dengan metode user security) :

...
security = user
...
[public]
comment = Public Stuff - Tempat simpan Dokumen
path = /media/public
valid users = zul irma ikbal
public = no
writable = yes
guest ok = no
read only = no
directory mode = 777
create mask = 0777
# mendeklarasikan jenis vfs object
vfs objects = recycle
# menentukan direktori recycle - dalam hal ini disimpan di /media/public/.recycle
recycle:repository = .recycle
# Menentukan struktur folder dalam hal ini, recycle:keeptree = Yes file akan tersusun sesuai folder share
# Gunakan recycle:keeptree = No , jika penyesuaian struktur direktori tidak diinginkan
recycle:keeptree = Yes
recycle:touch = Yes
recycle:versions = No
# menentukan besar file yang di recycle, 0 = tidak terbatas
recycle:maxsize = 0
# bagian dibawah ini adalah file yang tidak akan disimpan di recycle
recycle:exclude = *.tmp *.temp ~$* *.~??
...

Setelah mengedit konfigurasi samba, selanjutnya buat folder .recycle di mount point samba sesuai dengan konfigurasi yang telah dibuat tadi (dalam hal ini /media/public) :

root@phoenix:~# cd /media/public/
root@phoenix:/media/public# mkdir .recycle

Setelah .recycle dibuat jangan lupa mengubah permission dan owner direktori tersebut (Hal ini yang terlupakan oleh saya sampai2 bertanya pada 2 orang slackers :D , my bad ... ) :

root@phoenix:/media/public# chmod 777 .recycle/ -R
root@phoenix:/media/public# chown nobody.nogroup .recycle/ -R
root@phoenix:/media/public# ls -la
drwxrwxrwx 6 nobody nogroup 584 2010-02-18 22:56 .recycle
root@phoenix:/media/public#

Setelah itu, restart service samba :

root@phoenix:/media/public# sh /etc/rc.d/rc.samba restart

Jika semua lancar, anda bisa melakukan pengecekan di client dengan menghapus file di direktori share tersebut. File yang dihapus di client akan di pindahkan /media/public/.recycle
Amati folder .recycle saat melakukan penghapusan data di client :

root@phoenix:/media/public# watch ls -l .recycle/

Selamat Mencoba ...

0 komentar:

Posting Komentar

Islamic Calendar Widget

About this blog

Terima Kasih telah mampir di Blog saya... Ngga ada yang Special di Blog ini, Saya hanya ingin berbagi pengetahuan yang saya dapat atau yang sudah saya Implementasikan.... Semoga isi dari Blog ini bermanfaat bagi Anda. dan sekali lagi Terima Kasih sudah mampir ke Blog saya ^_^

Home

KHIBOT PATRIA. Diberdayakan oleh Blogger.

Sekilas Tentang Saya

Foto saya
Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Tentang Saya...??? Saya hanya manusia biasa seperti yang lainnya, tidak ada yang spesial dari saya,.. Mungkin bisa dikatakan lebih banyak kekurangan dari pada kelebihan :) tapi Alhamdulillah saya selalu bersyukur kepada ALLAH S.W.T atas segala nikmat yg t'lah diberikan kepada saya.

Daftar Teman

Tinggalkan Pesan


ShoutMix chat widget

Pencarian